Menelusuri Tangga Karir Keith Urban di Jalur Musik Country

Rabu, 10 April 2019 - 12:59 WIB
Menelusuri Tangga Karir Keith Urban di Jalur Musik Country
Menelusuri Tangga Karir Keith Urban di Jalur Musik Country
A A A
PRESTASI yang diraih Keith Urban tidak didapat dengan instan. Memutuskan berhenti sekolah pada usia 15 tahun dan hijrah ke Benua Amerika, kini Keith tinggal menikmati miliaran rupiah yang berhasil diraupnya di industri musik country.

Ajang Academy of Country Music Awards ke-54 menjadi bukti pria berusia 51 tahun yang meraih gelar Entertainer of The Year ini menyisihkan nominator lain yang juga telah memiliki nama besar di jagat musik country, seperti Luke Bryan, Kenny Chesney, Chris Stapleton, dan Jason Aldean. Bukan saja dia yang berbangga hati, sang istri tercinta, Nicole Kidman, juga menunjukkan rasa bangga kepada sang suami terkasih.

Pria yang lahir di Selandia Baru ini pindah ke Queensland, Australia, ketika masih berusia 2 tahun. Saat masih belia, dia sudah menunjukkan ketertarikan pada dunia musik. Dia masih berumur 4 tahun ketika bermain ukulele. Belum lagi, pada usia 7 tahun, tangannya sudah fasih memetik dawai gitar. Hobinya bermusik didukung penuh kedua orang tuanya yang juga penggemar musik country.

Saat berusia 8 tahun, Keith mulai ikut kompetisi musik. Masa remajanya diisi dengan bermain gitar di berbagai klub malam. Demi mengejar impiannya di ranah musik, dia memutuskan hengkang dari sekolah. Pada 1998, dia bergabung dengan sebuah band dan melakukan tur keliling Australia.

Dua tahun kemudian, dia memenangi penghargaan di sebuah festival musik country Australia yang membawanya menandatangani kontrak dengan EMI Music Australia. Album perdananya berjudul sama dengan namanya, “Keith Urban”, yang dirilis pada 1991. Keith sadar jika ingin karier bermusiknya lebih maju, dia harus hijrah ke pusat musik country Amerika, yaitu Nashville.

Tahun 1992, dia pun pindah ke Negeri Paman Sam, kemudian membentuk band bernama Ranch. The Ranch mengeluarkan album pertamanya pada 1997. Sayangnya, albumnya tidak mendapat sambutan positif publik. Band tersebut lalu bubar. Dia lalu memilih bermain gitar untuk album beberapa musisi, di antaranya Dixie Chicks dan Garth Brooks.

Keith kembali meluncurkan album dengan nama yang sama dengan album pertamanya dan keluar menjadi peringkat pertama di tangga lagu Billboard Country dengan single yang menjadi hits , But for the Grace of God. Pria bernama lengkap Keith Lionel Urban ini selain apik bermain gitar, juga terampil menciptakan lagu.

Musiknya yang memiliki pengaruh pop-rock dengan lirik apa adanya menjadi kekuatan buah karyanya. Kesuksesannya di dunia musik menambah pundi-pundi uangnya. Kekayaannya ditaksir mencapai Rp1 triliun. Nama Keith Urban semakin mendapat perhatian publik ketika dia menikah dengan Nicole Kidman pada 2006.

Pertemuan keduanya berlangsung pada G’Day USA Gala yang digelar pada Januari 2005. Dari pertemuan pertama itu, Nicole mengaku tidak langsung tertarik dengan sosok Keith. Bahkan konon, Keith harus menunggu selama empat bulan sebelum benar-benar bisa mengajak janda Tom Cruise itu berkencan.

Dengan terus terang, Nicole mengatakan jika Keith dan dia saat itu sama-sama kesepian. Keith lalu berhasil memboyong Nicole ke pelaminan, tepatnya pada 25 Juni 2006. Mereka mengucap janji sehidup semati di Kapel Cardinal Cerretti, Manly, Australia. Resepsi pernikahan dihadiri lebih dari 200 tamu undangan dan dihadiri sejumlah pesohor dunia.

Keith bahkan mengabadikan momen indah tersebut dengan menciptakan satu lagu khusus untuk Nicole yang berjudul Making Memories of Us. Setelah menikah, dia berkomitmen untuk meninggalkan dunia hitam yang pernah membuatnya terjebak. Secara sukarela, dia masuk panti rehabilitasi untuk mengatasi ketergantungan narkotika dan alkohol yang dideritanya.

Pada tahun yang sama, albumnya “Love, Pain & the Whole Crazy Thing” dirilis dan diterima pasar dengan baik, kendati tidak dapat melakukan tur untuk promosi albumnya itu. Sementara itu, pada 2009 dia meluncurkan album kelima berjudul “Defying Gravity” yang bergenre pop-rock. Album bertema cinta ini sukses mengirimkan pesan universal kepada para penggemarnya, yang akhirnya menjadikan album itu menduduki posisi teratas tangga lagu Album Billboard 200.

Keith terus produktif menelurkan album; “Get Closer” (2010), “Fuse” (2013), dan “Ripcord” (2016). Tidak hanya produktif, Keith juga sering panen penghargaan, terutama di ranah musik country, di antaranya Grammy Award untuk kategori Penyanyi Country Terbaik (2005, 2007, 2009, 2010).
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1670 seconds (0.1#10.140)